Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

Gudang Komunitas #1 - Kompak Relawan Disabilitas Peduli Atasi Covid-19 Bersama Kendit Harmoni

Persiapan relawan menuju lokasi penyemprotan. 
 Awal-awal masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Situbondo, ketika belum banyak orang atau lembaga bergerak untuk menangani persoalan Covid-19, Komunitas Kendit Harmoni sudah mengawalinya. Sejak tanggal 28 Maret 2020, mereka mulai berkoordinasi dengan beberapa relawan. Mereka menyusun rencana, mengumpulkan donasi, membuat strategi pelaksanaannya, dan memastikan keselamatan semua relawan dengan menjalankan prosedur kedisiplinan.

Salah satu kelompok relawan yang bergabung dalam Kegiatan Kendit Harmoni Peduli Covid-19 ialah Komunitas Disabilitas Desa (KDD) Kendit, Balung, dan Klatakan. Dengan bergabungnya KDD sebagai relawan bisa menunjukkan kepada masyarakat bahwa teman-teman disabilitas saja mau terjun dan peduli membantu sesama, kata Son Haji Sanuwar. Sebagai salah satu koordinator relawan, Son Haji merasa dengan terlibatnya disabilitas bisa semakin memperkuat motivasi relawan lain dalam menangani persoalan Covid-19.

Fauzan disabilitas daksa salah satu perwakilan 
KDD yang ikut serta dalam penyemprotan musholla di Desa Kendit.
Wafil, salah satu relawan dari KDD Kendit bertugas melakukan sosialisasi dan dokumentasi kegiatan. Ia membagi-bagikan selebaran berisi tata cara penanganan Covid-19 ke pengasuh mushollah dan masjid untuk disiarkan terus menerus agar masyarakat waspada. Ia senang terlibat dalam kegiatan itu karena semua relawan kompak. Semua bekerja sesuai tugasnya masing-masing dan mereka yang selesai lebih dulu langsung membantu lainnya.

Beberapa relawan lain yang bergabung dalam Kegiatan Kendit Harmoni Peduli Covid-19 di antaranya relawan individu, relawan perangkat Desa Balung, Kendit, dan Tambak Ukir; serta relawan Puskesmas Kendit. Masing-masing relawan bertanggung jawab atas tugas yang sudah dibagi. Ada yang bertugas melakukan penyemprotan disinfektan; sosialisasi dan dokumentasi; cek suhu tubuh; pemberian masker; dan membagikan jamu empon-empon. 

Selama tiga hari, dari tanggal 3, 4, dan 5 April 2020, relawan Kegiatan Kendit Harmoni Peduli Covid-19 sudah menjangkau seluruh mushollah dan masjid di tujuh desa se Kecamatan Kendit. Dari kegiatan tersebut, mushollah dan masjid se Kecamatan Kendit sudah menjadi pusat penyebaran informasi penanganan Covid-19 bagi masyarakat. Besar harapan melalui kegiatan tersebut, semua masyarakat di Kendit menjadi semakin peduli terhadap keselamatan dirinya, keluarganya, dan masyarakat sekitarnya dari persebaran Covid-19. [] 

Penulis : Marlutfi Yoandinas


1 komentar:

  1. Semangat untuk relawan kendit semoga selalu di berikan kesehatan amin

    BalasHapus

Komentar dilarang keras mengujar kebencian, sara dan hal negative yang bisa memicu pergerakan masa.

Diberdayakan oleh Blogger.