Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

Kaleidoskop Jilid 2 (Melawan Pandemi Covid-19)

        Halo sobat inklusi kemarin kita sudah membahas banyak hal nih pada kaleidoskop jilid 1 mengenai apa yang sudah dilakukan PPDiS bersama sahabat inklusi dibidang pendidikan inklusi dari pelatihan guru inklusi, audiensi kepada kepada kepala dinas mengenai kesulitan pembelajaran melalui daring bagi siswa disabilitas serta pembahasan Perbup pendidikan inklusi. Selain pendidikan pada kaleidoskop jilid 1 kita juga membahas tentang penyusunan SOP layanan kesehatan disabilitas dan pelatihan Bahasa isyarat bagi petugas layanan kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit. Tahun 2020 kita mengalami musibah besar yang melanda Dunia yaitu adanya virus Covid-19. Pandemi ini juga berdampak pada semua orang tanpa terkecuali untuk teman-teman disabilitas. Ingi tahu apa yang dilakukan PPDiS bersama pemerintah dan teman-teman disabilitas untuk menghadapi pandemi tersebut serta kegiatan PPDiS selama pandemi. Yukk langsung saja kita menuju tulisan dibawah ini. Check It Out.

1. Bantuan Sosial

        Dimasa pandemi Covid-19 banyak sekali berdampak kepada teman-teman disabilitas. Banyak dari mereka yang mengalami penurunan penghasilan sampai ada dari mereka yang tidak bekerja. Dengan adanya banyak keluhan seperti itu Kelompok Disabilitas Desa (KDD) yang menjadi wadah dari aspirasi melakukan advokasi kepada pemerintah Desa untuk menyampaikan hal yang dialami teman-teman disabilitas serta menyandingkan data yang dimiliki oleh KDD untuk disandingkan dengan calon penerima bantuan dampak Covid-19 dari Desa. KDD memberikan pemahaman jika nantinya ada bantuan untuk warga yang mengalami dampak dengan adanya pandemi ini agar disabilitas juga dijadikan prioritas untuk mendapatkanya. PPDiS bersama KDD melakukan asessment cepat kepada disabilitas untuk melihat seberapa besar dampak pandemi Covid-19 ini terhadap mereka. PPDiS juga melakukan sanding data dengan Pemerintah Kabupaten Situbondo untuk memilah mana yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah serta Pemerintah Desa. Jika ada teman-teman disabilitas yang belum tercover bantuan PPDiS bersama Yayasan, Donatur dan dibantu oleh Program Peduli memberikan paket bantuan sembako kepada disabilitas yang belum menerima bantuan apapun dari Pemerintah Pusat sampai Pemerintah Desa.

PPDiS  menyalurkan bantuan Sembako dari Yayasan dan Donatur

KDD menyalurkan bantuan Sembako dari Program Peduli

KDD menyalurkan bantuan Sembako dari Program Peduli

2. Ketahanan Pangan 

       Selain memberikan bantuan berupa sembako PPDiS dibantu oleh Program peduli juga memberikan pelatihan ketahanan pangan dengan pemanfaatan lahan sempit dan bantuan bibit kepada disabilitas/keluarga disabilitas. Kegiatan ini bertujuan agar keluarga disabilitas secara mandiri dapat memenuhi kebutuhan gizi dan pangan keluarga. Pelatihan yang diberikan berupa pengolahan media tanam, pembuatan pupuk organik dan pestisida organik, serta budidaya tanaman. Bantuan bibit yang diberikan berupa bibit terong, sawi, bayam, seledri, dan kangkung, dengan media tanam serta polybag. 

Pemaparan materi oleh penyuluh dari Dinas Pertanian Situbondo

 Praktek pembuatan pupuk dan pestisida organik
                                       
KDD membantu memanen sayur disalah satu keluarga disabiltas


3. Pembuatan Film dan Video Sosialisasi KPU.
            Memberikan pemahaman tentang konsep inklusi bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya yang dilakukan oleh PPDiS dengan cara membuat beberap film pendek tentang Desa inklusi, pendidikan inklusi serta prestasi yang bisa dicapai oleh teman-teman disabilitas. Pembuatan film ini bekerjasama dengan pihak Universitas Negeri Jember (UNEJ) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan karena dibuat pada masa Pandemi Covid-19. Selain pembuatan film dimasa pandemi kami juga bekerja sama dengan KPU Situbondo membuat video sisalisasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati karena sangat minim informasi tentang pemilu bagi disabilitas di Kabupaten Situbondo. Ingin tahu bagaimana film pendek yang dibuat oleh PPDiS tunggu launching filmnya ya guys nanti kami kabarin lagi.
Wawancara dengan Kepala Dinas Pendidikan Situbondo mengenai pendidikan inklusi

Pengambilan gambar dirumah Pembina Yayasan PPDiS

Pembuatan video sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati

Ingin tahu lebih banyak tentang apa saja yang telah kami lalui bersama sobat inklusi dalam mewujudkan Situbondo menjadi Kabupaten inklusi nantikan di tulisan kami yang terakhir di kaleidoskop jilid 3 ya sobat. Samapi jumpa bye bye. *DGNDL






Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.