Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

Kaleidoskop Tahun 2020 Jilid 1 (#Pendidikan dan Kesehatan)

        Hay sahabat inklusi tahun 2020 segera berakhir nih, menyongsong pergantian tahun 2020 ke 2021, PPDIS mengajak para sahabat inklusi untuk flash back mengikuti kilas balik perjalanan PPDiS selama tahun 2020 dari awal tahun, dimasa pandemi Covid-19 hingga pada akhir tahun 2020. Banyak sekali kegiatan PPDiS selama tahun 2020 antara lain advokasi pemerintah daerah, pemberdayaan disabilitas dan kerja kerja PPDiS untuk penguatan disabilitas melawan pandemi Covid-19. Ayo kita lihat kembali kegiatan yang sudah kita lakukan bersama sepanjang tahun 2020 kemarin. Lets'go

1. Pendidikan

        Sahabat inklusi sektor pendidikan menjadi salah satu fokus kegiatan PPDiS. Dinas Pendidikan selalu mendukung apa yang menjadi program kegiatan PPDiS mulai dari kegiatan pelatihan Guru inklusi, Monitoring dan evaluasi sekolah inklusi. Selama pandemi PPDiS juga memfasilitasi orang tua dengan disabilitas melakukan audiensi kepada kepala Dinas Pendidikan terkait kendala pemebelajaran selama pandemi yang dilakukan melalui media Daring ataupun online. Selain itu PPDIS juga melakukan pertemuan dengan Kepala Dinas Pendidikan untuk membahasa bagaimana terwujudnya Perbup peneyelengaraan pendidikan inklusi yang terdapat di Kabupaten Situbondo.

Audiensi Orang Tua Disabilitas dengan Dinas Pendidikan


Pelatihan Guru Inklusi Bersama Dinas Pendidikan

Pembahasan Perbup Pendidikan Inklusi
2. Kesehatan

        Mewujudkan pelayanan ramah bagi disabilitas dalam fasilitas kesehatan merupakan cita-cita dari setiap disabilitas yang ada di Kabupaten Situbondo. PPDiS bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo melakukan Focus Group Discussion (FGD) bersama seluruh puskesmas dan rumah sakit (RS), serta beberapa disabiltas untuk menyusun SOP layanan kesehatan yang ramah bagi disabilitas di masa pandemi. FGD ini dilakukan selama 4 kali dan dibantu media daring agar semua yang mempunyai terkiat pelayanan ramah disabilitas dapat di serap aspirasinya. Sahabat inklusi Setelah PPDiS bersama Dinas Kesehatan melakukan FGD tersebut akhirnya tersusunya produk SOP Layanan Kesehatan berua poster dan buku panduan yang sudah terdistribusikan kesemua Layanan Kesehatan di Situbondo dari tingkat Desa sampai Rumah Sakit. Dimasa Pandemi kita melakukan pelatihan Bahasa Isyarat kepada petugas pelayanan Kesehatan di semua Puskesmas dan rumah Sakit melalui virtual media Zoom Meeting. Pemateri dari pelatiahan bahasa isyarat adalah dari Teman Tuli yang ada di Kabupaten Situbondo.

FGD Penyusunan SOP Layanan Kesehatan Bagi Disabilitas

Pendistribusian Buku dan Poster SOP Layanan Kesehatan Bagi Disabilitas

Pelatihan Bahasa Isyarat Kepada Petugas Pelayanan di Puskesmas dan Rumah Sakit

Mungkin ini dulu ya sahabat inklusi apa yang kita lakukan bersama pada Tahun 2020 dari segi pendidikan dan kesehatan. Mau tahu apa lagi sih yang sudah kita lakukan bersama di Tahun 2020 yuk tunggu postingan kita selanjutnya. Bye Bye.



2 komentar:

  1. Wah ini yang selalu banyak di mimpikan setiap daerah. Ini yang harus di contoh oleh daerah daerah lain. Salam dari Kaltim. Sukses terus siklusi.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kak, jangan lupa terus ikuti kami di siklusi.id

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.