Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

Dukung Rencana Aksi Mereka, KDK Pilang Buat Pelatihan Pembuatan Rengginang

Kota Probolinggo—Kelompok Difabel Kelurahan (KDK) Pilang mengadakan pelatihan pembuatan rengginang pada Sabtu (15/06/2024) sebagai bagian dari rencana aksi mereka. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pemberdayaan ekonomi anggota KDK Pilang serta mendukung inisiatif kelurahan inklusi di Kota Probolinggo. Kegiatan yang didukung oleh Program SOLIDER-INKLUSI ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga 11.30 WIB di rumah salah satu anggota KDK Pilang, Totok Handoko. 


Acara dihadiri oleh Lurah Pilang, pengurus dan anggota KDK, PKK, tokoh masyarakat, dan Fasilitator Kelurahan Pilang. Lurah Pilang membuka acara dengan menyampaikan apresiasi atas inisiatif KDK Pilang dan menekankan kampanye inklusivitas di kelurahan tersebut. “Kelurahan Pilang menjadi salah satu kelurahan inklusi di Kota Probolinggo. Tahun ini, akan ada renovasi gedung oleh Dinas PUPR, termasuk pembangunan aksesibilitas,” ujar Pak Lurah.


Pelatihan dipandu oleh Satri, Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Krajan Baru dari Kelurahan Ketapang. Satri, yang juga kader Posyandu dan anggota PKK, menjelaskan proses pembuatan rengginang secara rinci. "Proses pembuatan rengginang dimulai dari mencuci beras ketan, merendamnya selama beberapa jam hingga mencampur dengan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan," kata Satri. Ia menekankan pentingnya mengikuti langkah-langkah dengan tepat untuk menghasilkan rengginang yang berkualitas.


Sulastri, salah satu anggota KDK, bertanya tentang penambahan bahan jika jumlah beras ketan lebih dari satu kilogram. Satri menjelaskan bahwa meskipun bahan ditambah, proses dan waktu yang dibutuhkan tetap sama. Namun, perhatian lebih diperlukan untuk menjaga kualitas hasil akhir dari rengginang.


Pelatihan ini berjalan dengan antusias dan diakhiri dengan diskusi terkait tips dalam menghasilkan rengginang yang bisa mengembang sempurna ketika digoreng. Beberapa anggota KDK Pilang mengaku bahwa pelatihan ini sangat membantu mereka dalam menjalankan usaha pembuatan rengginang. “Pelatihan ini sangat bermanfaat. Dengan keterampilan baru ini, kami berharap dapat menghasilkan rengginang yang bisa bersaing di pasaran,” ujar salah satu peserta.


Sesi foto bersama peserta pelatihan/Istimewa


Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan KDK Pilang dapat terus mengembangkan keterampilan anggotanya dan memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan kelurahan yang inklusif dan mandiri secara ekonomi.  





Reporter: Andi Swastiko
Penulis: Andi Swastiko 
Editor: Ahmad Faiz

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.