Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

Terima Kasih Telah Menjadi Bagian Temu Inklusi #5

KDD Peleyan Gelar Pelatihan Produksi Keripik Pisang

Situbondo—Kelompok Difabel Desa (KDD) Peleyan mengadakan Pelatihan Produksi Keripik Pisang sebagai bagian dari implementasi rencana aksi mereka. Pelatihan ini diadakan guna memfasilitasi kelompok usaha bersama milik KDD Peleyan, yaitu Keripik Tempe. Pelatihan yang Selasa (25/06/2024) ini didukung oleh Program SOLIDER-INKLUSI.


Pelatihan Produksi Keripik Pisang tersebut menghadirkan Nur Hayarti sebagai pemateri, seorang pemilik usaha Aulia Snack 'n Shop, yang telah sukses menembus pasar retail modern. Dengan pengalaman dan keahliannya, beliau membagikan resep dan tips penting untuk menghasilkan keripik pisang yang berkualitas dan mudah diterima pasar. 


Sebanyak 30 peserta hadir dalam pelatihan ini yang sebagian besar adalah anggota KDD Peleyan. Pelatihan diawali dengan seremonial pembukaan yang dipimpin oleh Desi Rahmadia, wakil ketua KDD Peleyan. Selanjutnya, Nur Hayarti menyampaikan materi terkait teknik pembuatan keripik pisang. Dalam pemaparannya, beliau menekankan pentingnya bertahan dari kegagalan dan terus menciptakan inovasi agar produk tetap diminati oleh konsumen. "Kegagalan itu pasti ada, tapi bagaimana kita harus bertahan dengan kegagalan tersebut dengan menciptakan suasana yang baru," ucapnya sambil memberi dorongan, "Sehingga, konsumen tidak akan jenuh untuk membeli produk kita."


Proses penyiapan bahan baku keripik pisang/Istimewa


Nur Hayarti juga menyarankan agar memilih bahan-bahan berkualitas untuk menghasilkan produk yang bernilai ekonomi tinggi. Setelah sesi materi, peserta dibagi menjadi tiga kelompok untuk mempraktikkan pembuatan keripik pisang dengan tiga varian rasa, yaitu umami (gurih, Red.), manis, dan cokelat. 


Foto bersama pascaselesai pelatihan dengan semua peserta/Istimewa 

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 13.00 WIB ini berlangsung dengan antusiasme tinggi dari para peserta. Masing-masing kelompok berhasil membuat keripik pisang sesuai dengan rasa yang telah ditentukan Hasil karya mereka dibawa pulang untuk dicicipi oleh keluarga dan tetangga dan dimintai masukan.   


Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan KDD Peleyan dapat meningkatkan keterampilan dan produksi keripik pisang mereka. Sehingga, produk KDD Pelayan bisa memperluas pasar dan sekaligus dapat meningkatkan penjualan. 





Reporter: Rosi Fendi Ariyanto
Penulis: Rosi Fendi Ariyanto
Editor: Ahmad Faiz

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.